09 Mei 2023

Lembaga Jenjang SD Negeri dan Swasta Kecamatan Purwosari adakan Try out Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ)

Pengawas SD mengadakan Pemantauan pelaksanaan Try Out ASAJ

Asesmen sumatif, yaitu asesmen yang dilakukan untuk memastikan ketercapaian keseluruhan tujuan pembelajaran. Asesmen ini dilakukan pada akhir proses pembelajaran untuk satu tujuan pembelajaran atau dapat juga dilakukan sekaligus untuk dua atau lebih tujuan pembelajaran, sesuai dengan pertimbangan pendidik dan kebijakan satuan pendidikan Asesmen sumatif menjadi bagian dari perhitungan penilaian di akhir semester, akhir tahun ajaran, dan/atau akhir jenjang.


Adapun asesmen sumatif dapat berfungsi untuk:
  • alat ukur untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik dalam satu atau lebih tujuan pembelajaran di periode tertentu;
  • mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian yang telah ditetapkan; dan
  • menentukan kelanjutan proses belajar peserta didik di kelas atau jenjang berikutnya.
Try out dapat dikatakan sebagai uji coba. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) uji coba adalah pengujian sesuatu sebelum dipakai atau dilaksanakan.


Semua Sekolah Dasar Negeri dan Swasta di Jajaran Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Purwosari melaksanakan Try out atau Latihan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) tahun pelajaran 2022/2023 untuk menuju program kegiatan akhir peserta didik di jenjang Sekolah Dasar kelas VI yang saat ini masih menerapkan Kurikulum 2013. Try out merupakan Persiapan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ), Yang mana mulai tahun pelajaran ini sudah tidak lagi dinamakan Ujian Sekolah. Try out ASAJ yang dujikan ini sebagai latihan yang bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan yang sebagaimana aturan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Dalam pelaksanaan Try out atau Latihan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) semua lembaga menyiapkan perangkat persyaratan penyelenggaraan ASAJ, antara lain:
  1. Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang Penyelenggaran Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ)
  2. Jadwal Try out Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) dan Jadwal Pengawas Ruang
  3. Tata Tertib Try out Peserta Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ)
  4. Tata Tertib Pengawas Try out Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ)
  5. Kartu Nomor Peserta
  6. Kartu Nomor Bangku Peserta
  7. Denah Peserta Try out Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) Per Ruang
  8. Isyarat Bel Pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ)
  9. Spanduk - Harap Tenang Ada Ujian / ASAJ

Try out atau Latihan Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) jenjang SD secara serentak dilaksanakan se Kecamatan Purwosari juga se Kabupaten Bojonegoro pada hari Senin sampai dengan hari Jumat, tanggal 8 s.d. 12 Mei 2023 yang diselenggaran di sekolah masing-masing.

Adapun paket naskah soal Try Out Asesmen Sumatif Akhir Jenjang (ASAJ) tahun pelajaran 2022/2023 disusun oleh Kelompok Kerja Guru (KKG) Kabupaten Bojonegoro yang pendistribusiannya dikirim ke KKKS masing-masing Kecamatan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar